Sab. Feb 4th, 2023

Poto : Gua Mabala NTT (sumber internet)

Gua Mabala (NTT)- Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata memiliki banyak situs alam yang indah. Salah satunya adalah Situs Gua Alam Lie Mabal yang terletak di Desa Eimau Kecamatan Sabu Tengah, Kabupaten Sabu Raijua, Pulau Sabu, NTT.

Lokasi Gua Mabala bisa ditempuh 30 menit dari Ibu Kota Sabu Raijua. Dan menuju Gua kita perlu berjalan kaki menyusuri setapak diantara padang rumput. Lokasi Gua berada di bawah pohon beringin dengan akar pohon beringin yang menjulur ke dasar gua. Untuk bisa masuk ke mulut Gua kita harus seijin penjaga. Pemandu akan mengantarkan kita ke mulut Gua dalam posisi vertical yang ada di bawah akar pohon sedalam kurang lebih 4,5 meter. Kita harus hati-hati karena turun harus melewati sejumlah anak tangga yang terbuat dari kayu.

Masuk ke dalam Gua kita tidak harus menunduk. Suasana didalam juga tidak terlalu gelap karena dibeberapa bagian ada lobang sehingga cahaya matahari bisa masuk menerangi ruang dalam Gua.  Dinding Gua berwarna-warni sehingga menarik dipandang mata. Pengunjung yang masuk akan dikenakan tiket untuk sewa selendang dan ikat kepala. Selain melihat bebatuan dan dinding Gua yang indah, tambah menarik apabila kita mendegar cerita penduduk setempat tentang sejarah Goa dan juga cerita mistis yang merupakan kearifan lokal penduduk  Pulau Sabu. Pastinya berkunjung ke Gua Mabala anda akan memiliki banyak kesan yang sulit dilupakan.

Gua Mabala kini menjadi salah satu obyek wisata utama di Pulau Sabu yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Pemkab setempat juga terus melakukan penataan dan mempromosikan keberadaan Gua ini melengkapi obyek wisata alam lainnya yang ada di Pulau Sabu. Belum banyak yang tahu kalau Provinsi NTT menyimpan potensi wisata alam yang sangat “dasyat”.  Banyak situs alam yang belum dikenal oleh wisatawan manca negara dan jika dikelola secara baik dan terarah, maka kedepan NTT akan menjadi magnet bagi wisatawan karena banyak memiliki situs alam yang unik dan spektakuler mulai dari komunitas adat, pantai yang alami, laut dan juga pemandangan perbukitan dengan formasi yang menabjubkan. Potensi alam NTT memang perlu terus diperkenalkan dan dikelola sebagai sumber devisa. (Nit.01).

Poto: Andhy S/Internet

This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.